Peda ke – IV KTNA Resmi Ditutup, Manokwari Keluar Sebagai Juara Umum

Bintuni,BM – Kabupaten Manokwari keluar sebagai juara umum pada perhelatan Pekan Daerah ke – IV Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2019 di Teluk Bintuni.

Dan PEDA ke – IV sendiri ditutup Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw.MT mewakili Gubernur Papua Barat. Selanjutnya Pekan Daerah (Peda) ke –V Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2023 akan dilangsungkan di Kabupaten Manokwari Selatan.

Gubernur dalam sambutanya mengatakan, melalui PEDA – KTNA ini, para peserta telah memperoleh berbagai ilmu, manfaat, dan pengalaman serta proses pembelajaran. Semoga peserta dapat mengimplementasikan apa yang di peroleh di daerah daerahnya masing masing.

Pada PEDA – KTNA ini, juga dilaksanakan berbagai perlombaan teknologi, temu karya, temu profesi, kegiatan agrobisnis, penanaman pohon bakau dan kunjungan wisata di kawasan mangrove.

Selain itu juga, PEDA ini membawah berkah tersendiri, karena terjadi peredaran uang riil melalui transaksi perdagangan produk produk yang dipamerkan pada ivent ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan kepada generasi muda, anak anak sekolah yang merupakan harapan masa depan Papua. Semoga anak anak yang telah berkunjung dan mengetahui potensi daerah yang di promosikan pada pameran di PEDA KTNA, dapat menjadi motivasi untuk menggugah semangat kalian, agar menjadi generasi milenial, yang sangat berminat mengembangkan teknologi pertanian.

Besar harapan saya, marilah bersama sama bekerja sesuai dengan profesi dan tupoksi kita, untuk mewujudkan program program yang berguna untuk Pembangunan pertanian, di wilayah Papua Barat. Sehingga tujuanya adalah, memberikan dampak keuntungan bagi kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, mewujudkan kemandirian pangan, dan menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) di Papua Barat.

Dan keberlanjutan pembinaan bagi para petani dan nelayan dalam mengikuti iven iven pertemuan yang memberikan pengalaman dan mengekspose produk produk pertanian dan perikanan.

Untuk itu, melalui kesempatan ini saya mohon agar para Bupati/ Wali Kota dan pimpinan OPD dilingkup pertanian dan perikanan di Provinsi dan kabupaten/kota untuk membuat perencanaan progam bersama pengurus KTNA dan diusulkan dalam tahapan proses penyusunan anggaran.

Kebersamaan dalam PEDA KTNA akan menjadi modal dan kekuatan kita untuk menghubungkan jaringan konteksitas hasil produk dari lokasi penghasil, masuk dalam rantai pemasaran, diproses dalam industry dan dapat diminati oleh para konsumen.

Akhirnya, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bupati Teluk Bintuni dan jajaranya, dimana, telah bersedia sebagai tuan rumah pelaksanaan PEDA IV KTNA tahun 2019.

Ucapan yang sama juga kepada panitia PEDA ke-IV, yang telah bekerja sangat luar biasa sehingga kegiatan PEDA berlangsung dengan meriah sejak pembukaan dan sampai penutupan pada hari ini,”ucap Gubernur)