Kehadiran Kodim 1806 di Teluk Bintuni Sangat Penting

Telukbintunikab.go.id-Di langsir dari

Bintuni,BM — Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw.MT mengapresiasi Pangdam XVIII Kasuari, Mayor Jenderal TNI Yoppye Onesimus Wayangkau yang sudah berupaya keras membangun beberapa Kodim di Papua Barat lebih khusus di Kabupaten Teluk Bintuni.

Kodim 1806 Teluk Bintuni mulai beroperasi secara resmi tanggal 5 September 2019, dimana, Pagdam yang langsung meresmikan Kodim dan Dandim 1806 Bintuni. Namun, kehadiran personil sudah ada sejak bulan Agustus 2019 dibawah Pimpinan Kasdim 1806.

Kehadiran Kodim ini sangat penting karena semakin melengkapi susunan Forkopimda di Teluk Bintuni., tingal menunggu Forkopimda lainya untuk melengkapinya.

Pada intinya, masyarakat dan pemerintah semakin merasa kondusif dengan hadirnya Kodim 1806. Kodim ini hadir untuk menjawab tantangan keamanan, walaupun Kabupaten Teluk Bintuni sampai saat dalam keadaan aman dan nyaman.

Kehadiranya juga untuk menjaga teratorial, apalagi sebelumnya saat Kabupaten Teluk Bintuni masih bergabung dengan Kodim Manokwari, agak sulit terkait koordinasi. Ditambah lagi Teluk Bintuni merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Papua Barat, sehingga sekali lagi kehadiran Kodim 1806 sangatlah penting.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, areal perkantoran vertical semakin menunjukan wajah baru. Apalagi dulunya daerah ini masih gelap, maka dengan hadirnya Kodim di areal ini, semakin terang benderang,”kata Bupati

Kehadiran Dandim dan perangkatnya juga ikut membantu kita, karena karya karya social saat masyarakat butuh, maka Kodim hadir bagi mereka. Harapan saya kedepan, kegiatan yang bersifat kemasyarakatan,pemerintah akan bekerjasama dengan Kodim 1806. Salah satu contoh, seperti TMMD, sehingga tahun depan lebih difokuskan bagi beberapa perkampungan yang membutuhkan perbaikan rumah, jembatan, air bersih dan lain sebagainya. Prajurit TNI memiliki potensial yang sangat besar sehingga perlu ada kerjasama dengan mereka.

Selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Dandim, Kasdim dan semua prajurit bahwa, walaupun masih ada kekurangan dan keterbatasan sarana dan prasarana di Kodim ini namun mereka tetap semangat. Ini merupakan sebuah motifasi bagi pemda untuk ikut membantu sebagai sesama mitra kerja di Teluk Bintuni

Kami juga berharap, Pagdam bisa menambah personil baru di Kodim 1806 karena wilayah kita ini sangat luas. Apalagi teritorial kita sangat berfariasi dan ditambah lagi topografi yang sangat sulit dijangkau.

Sementara itu, Dandim 1806 Teluk Bintuni, Letnan Kolonel ARM Fence Donatus Marani.S.Sos secara pribadi dan instasi mengucapkan terima kasih kepada Bupati, karena kapan saja mau berkoordinasi, beliau selalu cepat meresponya dengan cepat. Bahkan, saat saya ingin berkoordinasi beliau yang langsung ke Kodim ini, ini luar biasa.

“Maaf bagi Kodim Kodim yang baru karena mungkin Kodim 1906 akan lebih maju selangkah dari kalian. Untuk itu, tolong dimaaafkan, karena selama Bupati ada Kodim ini akan lebih maju nantinya”.

Saya berharap, bagaimana kebijakan Angkatan Darat dan Pangdam agar bisa ada penambahan personil di Kodim Bintuni, karena personil disini baru 15 persen, masih kurang 80 persen.

Terkait sarana, untuk perumahan sudah ada walaupun masih dengan keterbatasan. Saat ini yang sangat dibutuhkan adalah listrik, namun dalam waktu dekat kita akan dibantu. Selain itu, jaringan telkomsel disini juga belum normal sehingga kedepan kami berharap semuanya bisa teratasi,”harap Dandim(Humas&Protokoler)