P2agro Panen Perdana, Dalam Waktu Dekat Pemda dan Pemenang Catering di LNG Tangguh Tandatangan MoU

Telukbintunikab.go.id-Dilangsir dari Bintuni,BM — Baru beroperasi tiga bulan, namun Petroagro Teluk Bintuni sudah menghasilkan hasil pertanian yang sangat memuaskan. Hal ini bisa terlihat hari ini, dimana dimulainya panen perdana buah di Kampung Igiruji.

Koordinator P2agro Petrotekno Teluk Bintuni, G .Adrian mengatakan, dari kegiatan panen di empat kampung sampai hari ini, sudah menghasilkan Rp. 10.045000(sepuluh juta,empat puluh lima ribu rupia).

Disini bukan saja diajarkan cara bertanam, tetapi juga cara membuat pupuk pokasi, dimana kita mengunakan pupuk organic/kompos yang lebih berguna dibandingkan pupuk kimiah.

Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw.MT saat memberikan sambutan singkatnya mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan Penandatanganan MoU dengan PT.Pangan Sari untuk mensuplai sayur, buah buah, ikan dan udang untuk kebutuhan makan para tenaga kerja di LNG Tangguh.

Sehingga apa yang dihasilkan oleh bapa dan ibu ibu hari ini, baru merupakan sebuah awal, karena kebutuhan makan di LNG Tangguh sangat banyak. Untuk itu dibutuhkan lahan yang besar, tenaga kerja yang banyak agar bisa menghasilkan hasil pertanian yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja disana.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, kedepan ribuan tenaga kerja akan masuk di Bintuni dan pastinya mereka membutuhkan makan, sehingga kalau kita tidak siap, maka kebutuhan makanan akan lebih banyak didatangkan dari luar Bintuni.

“Kalau MoU sudah ditandatangani, maka kebutuhan mereka harus dipenuhi. Pasarnya sudah jelas, namun yang menjadi pertanyaan apakah kita siap atau tidak”.

Memang selama ini ada koperasi koperasi yang menampung hasil pertanian dan dijual ke LNG, namun itu terbatas. Dan yang menjadi permasalahan juga yakni, petani sudah memberikan hasil pertanian tetapi menungu satu bulan lagi baru ada pembayaran. Namun kedepan, Perusda yang membayar hasil pertanian masyarakat, nanti selanjutnya Perusda yang akan berurusan dengan PT Pangan Sari yang merupakan pemenang tender catering disana.

Mengolah hasil tanah lebih bermanfaat dan lebih bermartabat dari pada datang dengan proposal. Kedepan kita harus merubah cara hidup seperti ini dan ini juga sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, yakni mewujudkan masyarakat Bintuni yang maju, produktif dan mandiri. Nah, produktif yakni seperti ini, yakni petani harus menghasilkan serta berdaya saing, berarti kita bisa bersaing hasil pertanian dengan daerah lain,”kata Bupati

Dalam panen perdana ini, turut hadir Wakil Bupati, Kapolres, Pimpinan OPD. Panen hari ini berupa semangka, melon, ketimun, tomat, sayur dan ricah yang langsung dibeli oleh tamu undangan yang hadir.(Humas&Protokoler)

Hubungi Kami