Tahun 2018, Pemerintah Salurkan 28 Milyar Bagi Program Padat Karya

Sorotpapua.co – salah satu program prioritas pemerintahan Pit Matret adalah program padat karya.

Sejak program ini dijalankan mulai dari tahun 2017 sampai sekarang dinilai sangat tepat sasaran.

Program padat karya tidak memakai CV, tapi cukup masyarakat membentuk Pokja Pokja, dan setelah selesai kerja langsung menerima uang.

Pemerintah daerah mengalokasikan 1 milyar dana padat karya untuk setiap Distrik, sehingga kalau dikali 28 Distrik, berarti, ada uang 28 milyar yang berputar di Distrik dan kampung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang Kabupaten Teluk Bintuni, Andreas.Tomy Tulak, ST kepada sorotpapua.co menjelaskan, untuk program padat karya tahun 2017 masih dibawah Dinas, namun, sejak tahun 2018 ini semuanya melalui Distrik, sehingga semua pertangunggjawaban ada di Distrik.

Untuk sistem pencairanya kata Tomy, dilakukan dalam dua tahap dan program ini sangat tepat sasaran karena dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

Untuk pembagian besarnya dana padat karya tidak dilihat dari jumlah penduduk, namun dibagi secara merata. Sehingga kalau ada Distrik yang kampungnya 10, maka 100 juta setiap kampung. Namun sebaliknya lagi kata Tomy, kalau yang penduduknya banyak, maka tahap pertama Pokja A dan B. Dan selanjutnya tahap kedua untuk Pokja berikut lagi, atau bisa tahun depan lagi,”terang Tomy(……)