PLTD Baru Resmi Beroperasi, Direncanakan Tanggal 2 September Diresmikan

Telukbintunikab.go.id-Dilangsir dari Bintuni,BM — Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat, dan juga sebagai sumber ekonomi yangs angat dibutuhkan bagi suatu kegiatan usaha.

Apalagi dalam kurun waktu yang akan datang kebutuhan akan listrik semakin mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan dan perkembangan dari jumlah investasi yang semakinn meningkat serta akan memunculkan industry industri atau usaha baru.

Namun di Kabupaten Teluk Bintuni persoalan listrik menjadi permasalahan serius. Listrik di Bintuni mendapat pasokan dari LNG Tangguh dan PLTD, namun kenyataanya sering terjadi pemadaman bergilir ber-mingu minggu bahkan berbulan bulan.

Nah, melihat situasi dan permasalahan tersebut maka, Pemerintah daerah menghibahkan 3 hektar lahan tanah bagi Pembangunan PLTD baru yang berlokasi di Kampung Tolak. Bahkan pemerintah daerah yang membantu penimbunan tempat mesin PLTD baru.

Lalu pertanyaanya sudah sejauh mana perkembangan PLTD baru tersebut?. Kepala Unit Pelayanan Perusahaan Listrik Negara(PLN)Kabupaten Teluk Bintuni, Iskandar Idris kepada BM melalui pesan whatsapp— Jumat (16/8/2019) mengungkapkan, PLTD baru sudah beroperasi dari tanggal 12 Juli 2019.

Dan direncanakan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Disel(PLTD)baru tanggal 2 September 2019. Dan Bupati yang akan meresmikan secara langsung PLTD baru tersebut,”katanya.

Seperti dalam pemberitaan BM edisi 14 Mei 2019 lalu, dimana menurut Iskandar, setelah PLTD beroperasi, maka kekurangan daya akan melebihi atau surplus, karena mesin sewa ber-kapasitas b 3,5 kw, ditambah mesin yang ada 3, 3 kw. Sementara beban puncak di malam hari 3,8 kw sehingga surplus 3 NW,”.

Dengan begitu menurutnya, ketika ada ganguan dari BP Tangguh, PLTD baru ini akan memback upnya. Dengan begitu, tidak perlu lagi ada pemadaman listrik di Bintuni.

Semua ini merupakan berkat bantuan dari Pemerintah Daerah yang telah memberikan dukungan dan motifasi dengan menghibahkan lahan dan penimbunan lokasi PLTD baru,”ungkap Iskandar

Namun, seluruh masyarakat Bintuni yang lebih khsus di kota akan terus mengawasi dan menagih janji janji PLN jika dingkari(Humas@Protokoler)