APBD Teluk Bintuni Tahun 2015 Capai 1,635 Trilyun Rupiah


Diposting: 2015-04-09

BINTUNI. Bupati Teluk Bintuni dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, Wim Fymbay mengharapkan agar yang telah disepakati dan tercermin dalam APBD 2015 dapat ditindak lanjuti dan dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh seluruh pimpinan SKPD. Kepala kepala Bappeda dihimbau untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi serta pengendalian pembangunan sesuai tupoksinya. Untuk Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah diharapkan mampu menjalankan system dan prosedur pengelolaan keuanga secara benar dan bertanggung jawab. Sementara intansi Inspektorat diminta agar dapat melakukan pengawasan terhadap seluruh aktivitas aparatur,keuangan dan pembangunan.

Ditegaskan bahwa tugas-tugas pembangunan dan pelayanan masyarakat merupakan tanggung jawab utama pemerintah. Namun dalam perjalanannya perlu mendapat partisipasi dari seluruh elemen sehingga pencapaian target RPJMD 2011- 2015 dapat dicapai diakhir tahun 2015.

Target-target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kedua tersebut diantaranya penurunan angka kemiskinan dari 40,33% menjadi 36%, Indeks pembangunan manusia (IPM) dari 68,72% menajdi 69,28%, kenaikan harga barang (inflasi) dari 6,5% menjadi 5%, angka pengangguran dari 6,21% menajdi 4,5% serta pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) terhadap total pendapatan daerah yang saat ini sebesar 3,5% menjadi 6% pada tahun 2015.

"Mencermati proses dan dinamika yang terjadi selama pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah 2015, maka cara pandang dan daya kritis yang ditunjukan oleh masing-masing pihak merupakan ekspresi positif yang harus ditangkap sebagai bagian dari keinginan untuk mengawal aspirasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di Teluk Bintuni," ujarnya. Diakui seluruh aspirasi program dan kegiatan pembangunan tidak sepenuhnya dapat tertampung dalam APBD 2015, karena ruang alokasi anggaran yang tersedia sangatlah terbatas. Dan pembahasan kali ini lebih fokus pada penyesuaian dan pergeseran serta efisiensi belanja. Sehingga kebutuhan pembangunan selanjutnya dapat diusulkan dan dibahas pada pembahasan perubahan Raperda APBD tahun 2015. Ia menyarankan kepada SKPD-SKPD yang akan melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan agar dapat berkoordinasi dengan Bappeda. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemanfaatan ruang dan kawasan, seperti misalnya pembangunan di areal cagar alam yang tidak dibolehkan.

Pada kesempatan itu, Wim menyampaikan apresiasi kepada DPRD yang telah menjalankan fungsi anggaran secara baik dan penuh keharmonisan, sehingga seluruh proses pembahasan dapat berjalan sesuai rencana yang telah disepakati. [arimurti].



Peta Situs | Kontak | Webmail
© Copyright Pemda Teluk Bintuni 2013. All Right Reserved
Kompleks Perkantoran Bupati, Jl. Bintuni - Manokwari, Distrik Manimeri
e-mail: info@telukbintunikab.go.id