MENYIAPKAN BANDARA BARU


Diposting: 2009-02-04 23:13:49

Tekad Pemda Kabupaten Teluk Bintuni untuk menyambut investor di daerahnya memang tidak setengah hati. Selain melakukan pengaspalan dan pengerasan jalan, serta memberikan kemudahan perizinan investasi, penguasa di kabupaten ini juga tengah menyiapkan pembangunan infrastruktur publik yang lebih memadai guna mendukung kegiatan investasi di wilayahnya.

Mulai tahun ini, misalnya Pemda Kabupaten Teluk Bintuni akan mulai membangun bandara baru dengan landasan pacu sepanjang 1.800 meter. Pembangunan bandara yang menggunakan anggaran APBN cq Departemen Perhubungan dan APBD Kabupaten Teluk Bintuni itu diharapkan selesai 4-5 tahun mendatang. Keberadaan bandara itu disiapkan untuk mengantisipasi kian padatnya arus penumpang dari dan ke Bintuni pasca LNG Tangguh beroperasi. Bandara itu mampu didarati pesawat berbadan lebar, yang memiliki kapasitas penumpang lebih dari seratus penumpang. LNG Tangguh sendiri mulai berproduksi mulai tahun 2008 atau 2009 nanti, dan seluruh produksi gas alam cairnya diekspor ke luar negeri. Sejalan dengan pengapalan LNG itu, BP Tangguh saat ini mulai melakukan pembangunan pelabuhan di Teluk Bintuni.

Untuk diketahui, selain melalui jalur udara, sarana transportasi di kabupaten baru ini masih mengandalkan jalur sungai. Sarana transportasi air itu sampai saat ini masih diandalkan sebagai tarnsportasi utama yang cukup vital untuk menghubungkan satu kecamatan dengan kecamatan lainnya di Bintuni. Sebelum pemekaran, kabupaten ini termasuk wilayah abupaten Manokwari. Di Peta Pulau Irian Jaya, kabupaten baru ini terletak di leher burung, persisnya berada di teluk yang kemudian dikenal dengan Teluk Bintuni, jika ditempuh melalui jalur laut harus melalui anak sungai dulu sebelum sampai ke ibukota kabupaten.

Yang pasti jika bandara dan pelabuhan baru itu berfungsi secara optimal, maka tidak saja sarana transportasi dari dan ke Teluk Bintuni menjadi mudah dan cepat, lapangan kerjapun bakal kian terbuka di kabupaten baru ini. Tentu tidak hanya sebatas itu, roda pertumbuhan ekonomi di Bintuni pun diharapkan kian kencang jalannya seiring dengan berproduksinya LNG BP Tangguh, dan mulai maraknya investasi yang masuk di kabupaten ini.



Peta Situs | Kontak | Webmail
© Copyright Pemda Teluk Bintuni 2013. All Right Reserved
Kompleks Perkantoran Bupati, Jl. Bintuni - Manokwari, Distrik Manimeri
e-mail: info@telukbintunikab.go.id